Polisi kejar akun Youtube Tentara OPM

TPNPB OPM menegaskan pihaknya bukanlah teroris ataupun kelompok bersenjata.  

TPNPB OPM mengklaim pihaknya memperjuangkan hak politik rakyat Papua./Facebook

Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Operasi Papua Merdeka (TPNPB OPM) mengunggah video yang berisikan penolakannya bergabung dengan NKRI. TPNPB OPM bahkan secara tegas menolak Trikora 1961 yang dibentuk Soekarno. 

Melalui YouTube Sekretariat Pusat TPNPB OPM membacakan surat terbuka yang ditujukan kepada Pemerintah Indonesia dan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa- Bangsa (PBB). 

Seorang yang disebut sebagai Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Operasi Papua Barat (OPM) Sebi Sambom mengatakan surat terbuka tersebut sebagai penolakan bangsa Papua terhadap aneksasi kepada NKRI yang berdasarkan maklumat Trikora 1961. Saat itu Presiden Pertama RI Soekarno mengumumkan hal tersebut di alun-alun Utara Jogyakarta. 

Sebagai informasi, aneksasi menurut KBBI adalah pengambilan dengan paksa tanah orang lain untuk disatukan dengan tanah (negara) sendiri. 

"Kami Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Operasi Papua Barat memberitahukan bahwa kami adalah pejuang kemerdekaan yang sedang berjuang untuk warga di Papua Barat," katanya melalui akun YouTube yang diunggah pada (10/12).