OTG dominasi kasus baru positif Covid-19

OTG bisa menjadi sumber penularan baru di tengah masyarakat.

Petugas kesehatan mengambil sampel darah seorang jamaah untuk dilakukan tes diagnostik cepat atau rapid test COVID-19 di kawasan Masjid Besar Nurul Huda, Waru, Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (8/5/2020). Foto Antara/Umarul Faruq

Lonjakan kasus konfirmasi positif coronavirus disease atau Covid-19 dilaporkan 979 orang pada hari ini. Sebagian besar kasus baru itu, diidentifikasi terjadi dari masyarakat yang termasuk kategori Orang Tanpa Gejala atau OTG.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menyebut, mayoritas penemuan kasus baru yang dilakukan dari hasil penelusuran kontak atau contact tracing berasal OTG.

"Kami ingatkan, bahwa kasus tanpa gejala yang telah terkonfirmasi positif harus melaksanakan dan mematuhi protokol isolasi mandiri yang tepat. Karena kalau tidak ini bisa menjadi sunber penularan yang baru di masyarakat," kata Yuri, dalam konfrensi pers di Graha BNPB, Jakarta Timur, Kamis (11/6).

Lebih lanjut, Yuri menyebut, Provinsi Jawa Timur, masih menjadi wilayah terbanyak mendulang kasus konfirmasi positif dengan perolehan 297 kasus. Provinsi yang berada di timur Pulau Jawa ini, juga mendulang angka kematian tinggi pada hari ini yakni sebanyak 23 kasus

Sementara, Provinsi Sulawesi Selatan, berada di posisi kedua dengan peroleha kasus sebanyak 141 orang. Sedangkan, DKI Jakarta berada di peringkat ketiga dengan perolehan kasus 128 orang dan 144 kasus sembuh. Selanjutnya, Provinsi Kalimantan Selatan memperoleh peringkat keempat dengan beearan kasus sebanyak 69 orang, dan 36 kasus sembuh. Terakhir, Sumatera Utara mendukang 45 kasus baru dan 12 kasus sembuh.