OTT di Kudus, KPK tangkap bupati dan pejabat pemkab

Bupati Kudus diduga menerima suap jual beli jabatan di Kabupaten Kudus.

Petugas KPK melakukan penggeledahan di Malang./ Antara Foto

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Bupati Kudus Muhammad Tamzil dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan di Kabupaten Kudus. Bupati diduga menerima suap jual beli jabatan di Kabupaten Kudus.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengatakan, petugas KPK tidak hanya menangkap Muhammad Tamzil. Sejumlah kepala daerah dan pembantu Tamzil di Pemkab Kudus turut terjaring OTT KPK.

"KPK mengamankan total sembilan orang sampai saat ini. Mereka terdiri dari unsur kepala daerah, staf, ajudan bupati, serta calon kepala dinas setempat," kata Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan di Jakarta, Jumat (26/7).

Saat ini, mereka menjalani pemeriksaan intensif di kantor kepolisian setempat. Dibantu aparat kepolisian, petugas KPK melakukan pemeriksaan intensif pada mereka.

"Sesuai dengan mekanisme dan hukum acara yang berlaku, maka KPK diberikan waktu 24 jam untuk menentukan status perkara dan status hukum pihak-pihak yang diamankan, apakah memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai tersangka ataupun saksi," kata Basaria.