Pak Jokowi, saatnya Anda memimpin langsung penanganan Covid-19

Presiden tidak bisa lagi menyerahkan kendali penanganan Covid-19 kepada para pembantunya atau komite.

Ilustrasi. Foto Pixabay.

Hampir tujuh bulan pandemi Covid-19 berlangsung. Berbagai langkah, baik dalam wujud kebijakan baru atau membongkar kebijakan lama, berulangkali dilakukan. Namun, upaya menekan penyebaran hewan renik yang tidak kasat mata itu belum membuahkan hasil menggembirakan.

Karena itu, Presiden Joko Widodo diminta mengambil alih komando agar penanganan Covid-19 yang sudah ditetapkan sebagai bencana non-alam berjalan lebih efektif dan terarah. Presiden tidak bisa lagi menyerahkan kendali penanganan Covid-19 kepada para pembantunya atau komite.

"Sudah waktunya Pak Jokowi yang memimpin langsung penanganan pandemi Covid-19. Semua elemen bangsa akan membantu," desak ahli epidemiologi dari Universitas Indonesia, Pandu Riono, lewat akun twitternya, Selasa (22/9). Ini kali kesekian "juru wabah" itu mendesak seperti itu.

Sudah waktunya pak @jokowi yg memimpin langsung penanganan pandemi Covid-19. Semua elemen bangsa akan membantu. https://t.co/YRDO5JKHVZ — Juru Wabah (@drpriono1) September 22, 2020

Pandemi Covid-19 di Indonesia, jelas Pandu, merupakan ujian bagi semua pemimpin yang mendapat amanah dari rakyat. Ini terkait kepemimpinan Presiden Jokowi dalam mengatasi pandemi yang belum terkendali. Jawaban yang paling pas, kata dia, Presiden Jokowi yang langsung memimpin penanganan pandemi. Bukan didelegasikan ke menteri atau tim atau komite.