Pandemi Covid-19 jadi momentum bergotong royong

Sebab, musuh yang dihadapi merupakan pandemik skala global.

Anggota Polsek Tikala memegang spanduk imbauan di ruas jalan di Manado, Sulut, Senin (30/3/2020). Foto Antara/Adwit B. Pramono

Sosiolog Universitas Nasional (Unas) Jakarta, Adilita Pramanti, menyatakan, penyebaran pandemi coronavirus anyar (Covid-19) di Indonesia menjadi momentum untuk bergotong royong. Baik oleh pemerintah, swasta, maupun masyarakat.

"Musuh yang dihadapi, adalah pandemik yang berskala global. Maka, tiada kata lain, semua pihak harus bersatu memerangi penyebaran virus corona," katanya saat dihubungi Alinea.id di Jakarta, Senin (30/3).

Dirinya pun meminta komunikasi serta langkah-langkah strategis dan taktis dilakukan serempak. "Semua pihak harus satu visi," ujar dia.

Kemudian, mengatasi sekat birokrasi dan komunikasi. Sehingga, dampak utama, sampingan, dan lanjutannya dapat teratasi. Mulai dari penyiapan sarana kesehatan, dampak ekonomi, sosial, dan sebagainya.

"Dari sisi ini, pempus (pemerintah pusat) dan pemda (pemerintah daerah) harus berbagi tugas dan tanggung jawab," ucap Adilita.