Panglima TNI dan Kapolri sidak fasilitas publik cek kesiapan new normal

Protokol kesehatan belum diterapkan dengan baik di Pasar Tanah Abang.

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto (kiri) bersama Kapolri, Idham Azis (kanan), saat meninjau kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis (11/6/2020). Dokumentasi Mabes Polri

Kapolri, Jenderal Idham Azis, bersama Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, meninjau Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat dan Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Inspeksi mendadak (sidak) dilaksanakan Kamis (11/6), sekitar pukul 16.30 WIB.

Berdasarkan hasil pemantauan, belum sepenuhnya protokol kesehatan diterapkan di Pasar Tanah Abang. Aktivitas setempat seperti biasa, tanpa antisipasi pencegah coronavirus baru (Covid-19).

"Masih ditemukan, baik konsumen maupun penjual, yang tidak pakai masker dan tidak jaga jarak," kata Kadiv Humas Polri, Irjen Argo Yuwono, dalam keterangannya.

Karenanya, jajaran TNI dan Polri akan lebih ekstra dalam mengedukasi masyarakat. Memasang spanduk tentang bahaya SARS-CoV-2, salah satunya.

"Kondisi ini perlu dikelola terus dengan imbauan humanis dan pembagian masker oleh aparat TNI-Polri. Slogan dan spanduk, termasuk pemberitahuan area wajib masker dan physical distancing, layak untuk dipasang di gang, area pertokoan, dan jalur perlintasan orang," tuturnya.