Panglima TNI jawab DPR soal Anarko: Tidak saya buka di sini

TNI bekerjasama dengan Polri mengatisipasi aksi Anarko.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kiri) bersama Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz usai menjadi pembicara diskusi Panel VIII Rakornas Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forkopimda di Bogor, Jawa Barat/Foto Antara

Anggota Komisi I, Dave Laksono menyinggung soal munculnya kelompok Anarko di tengah pandemi coronavirus diseases 2019 atau Covid-19, dalam Rapat Kerja (Raker) DPR bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Dave menanyakan peran TNI dalam menakar aksi vandalisme susulan Anarko di berbagai daerah pada 18 April mendatang.

"Nah, lalu juga melihat perkembangan Covid-19 ini, dan ada juga niatan dari sekelompok masyarakat yang ingin membuat kekacauan seperti yang Anarko dan dari pihak TNI ini sudah melakukan tindakan apa?" tanya Dave dalam raker yang dilaksanakan secara virtual, Rabu (15/4/2020).

Politikus Golkar tersebut meminta penjelasan langkah antisipasi yang sudah disiapkan TNI sebelum kegaduhan massal benar-benar terjadi.

Selain itu, Dave juga berharap TNI bisa berperan dalam menertibkan masyarakat di wilayah-wilayah yang sudah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pasalnya, menurut dia, hingga kini penerapan PSBB masih belum efektif, dan pelanggaran masih ada di mana-mana.