Pelat kendaraan Harley Davidson Rafael tidak terdaftar di Samsat

KPK menyebut pelat nomor B 6000 LAM pada kendaraan mewah tersebut palsu atau bodong.

Koleksi kendaraan milik Rafael Alun Trisambodo yang kerap digunakan anaknya Mario Dandy. Dokumentasi Instagram.

Aset mantan pejabat Ditjen Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Rafael Alun Trisambodo, berupa motor Harley Davidson yang jadi sorotan publik diusut kepemilikannya oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). KPK menyebut, pelat nomor B 6000 LAM pada kendaraan mewah tersebut palsu atau bodong.

Deputi Pencegahan KPK, Pahala Nainggolan, mengatakan hal itu telah diklarifikasi kepada Rafael. Selain itu, pihaknya telah melakukan penelusuran terkait pelat nomor tersebut kepada otoritas terkait, yakni Samsat.

"Tidak terdaftar di Samsat. Yang bersangkutan (Rafael) sudah akui juga itu bodong," kata Pahala saat dikonfirmasi, Kamis (2/3).

Sebelumnya dalam keterangan pers bersamaan dengan jalannya proses klarifikasi terhadap Rafael, Pahala mengatakan pihaknya menemui kendala untuk melacak kepemilikan aset milik ASN Kemenkeu tersebut. Salah satunya karena tidak adanya pelat nomor pada Harley Davidson dimaksud.

"Yang Harley Davidson karena enggak ada pelat nomor, kita juga enggak bisa cari ke mana-mana," ujar Pahala di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu (1/3).