Pembangunan tower 6 SUTET di Cirebon harus terus berjalan

Agung menilai, ada perkembangan yang cukup bagus dalam proyek tersebut.

Ilustrasi. Pixabay

Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) meminta, pembangunan tower 6 untuk Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) di Desa Kanci, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat (Jabar) harus terus berjalan. 

Pembangunan tower 6 di Desa Kanci, Kecamatan Astanajapura, sempat terkendala akibat adanya tuntutan kompensasi dari masyarakat yang tidak sesuai dengan peraturan. 

Kendala tersebut, menjadi perhatian serius pemerintah pusat, karena bisa menganggu berjalannya proyek strategis nasional. 

"Ini proyek besar, karena untuk listrik Jawa, Bali dan Madura. Makanya ketika ada masalah, kami (Kemenko Polhukam) ikut turun. Kalau hanya lokal, kami nggak bakal turun," ujar Staf Ahli Kemenko Polhukam Bidang Ideologi dan Konstitusi, Irjen Pol Agung Makbul, Jumat (4/12).

Menurut Agung, ini merupakan kedua kalinya Kemenko Polhukam datang ke Cirebon, guna memastikan perkembangan pembangunan tower 6, jaringan listrik yang menghubungkan PLTU Cirebon 2 dan Gardu Induk Mandirancan.