Pemerintah adakan pelatihan SDM di sejumlah lembaga

Pemerintah bersedia mengirimkan masyarakat untuk mengikuti pelatihan di luar negeri demi meningkatkan kualitas.

Presiden Jokowi memberikan pengarahan dalam pidatonya./ Foto: Setkab.go.id

Pemerintah mulai tahun depan akan melaksanakan program pelatihan besar-besaran baik di tingkat kementerian, lembaga pemerintahan, perusahaan BUMN atau pun swasta. Ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia.

Presiden Joko Widodo mengatakan, pemerintah bersedia mengirimkan masyarakat untuk mengikuti pelatihan di luar negeri demi meningkatkan kualitas SDM. Selain itu, juga pelatihan bakal dilakukan di dalam negeri. 

“Jadi, ada yang di dalam negeri dan ada yang akan kita kirim keluar,” kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada acara Peluncuran Sertifikasi Elektrik dan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi Indonesia di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (12/3).

Menurut Presiden, tidak tertutup kemungkinan bagi pemegang Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi Indonesia akan dipilih pemerintah untuk dikirim keluar. Adapun batasan pelatihan tersebut tak tentu. Ada yang 6 bulan, setahun, bahkan bisa sampai 2 tahun.  

“Tujuannya untuk belajar lagi, belajar skill, belajar teknologi-teknologi baru. Ini untuk mengupgrade skill kita, mengupgrade SDM kita agar memiliki kesempatan untuk belajar teknologi-teknologi baru,” ujar Jokowi.