Pemerintah akan melaksanakan program padat karya besar-besaran 

Untuk 2021, terdapat delapan program padat karya di KKP dengan besaran anggaran Rp405,61 miliar.

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan pada perayaan Hari Sumpah Pemuda secara virtual, Rabu (28/10/2020)/Foto tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan pemerintah akan melaksanakan program padat karya secara besar-besaran di semua kementerian. Hal ini merupakan bagian dari upaya pemulihan ekonomi nasional.

"Semua kita geser ke padat karya. Kita harus bergotong-royong (sehingga) semua warga yang sedang kehilangan pekerjaan bisa mendapatkan penghasilan, golnya ke sana," tegasnya beberapa saat lalu.

Salah satu kementerian yang menjalankan program tersebut adalah Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Sakti Wahyu Trenggono mengatakan, untuk tahun 2021 terdapat delapan kegiatan program padat karya dengan besaran anggaran Rp405,61 miliar.

Kegiatan yang dilakukan meliputi pembangunan irigasi perikanan tambak/kolam, minapadi, bantuan keramba jaring apung (KJA) budidaya laut, klaster kawasan tambak udang, dan klaster kawasan tambak udang milenial (MSF).

Selanjutnya, kegiatan rehabilitasi kawasan mangrove, pengembangan usaha garam rakyat (pugar)/irigasi lahan garam, serta pembangunan sarana dan prasarana niaga garam rakyat.