Alat kesehatan Covid-19 sudah datang dari Tiongkok 

Alat-alat kesehatan segera didistribusikan ke berbagai rumah sakit untuk penanganan Covid-19.

Sejumlah prajurit TNI AU membawa kardus berisikan alat kesehatan untuk penanganan Covid-19 dari Shanghai, Tiongkok yang diangkut pesawat C-130 Hercules TNI AU dari Skadron Udara 32 Wing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Jawa Timur. Setiba, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (23/3). Bantuan alat kesehatan, terdiri dari disposable mask, masker N95, alat pelindung diri, kacamata pelindung, sarung tangan, pelindung sepatu, hingga termometer infrared. Foto Antara/M Risyal Hidayat/aww.

Alat kesehatan untuk penanganan coronavirus atau Covid-19 telah datang di Indonesia dari Tiongkok. Alat-alat tersebut dibawa oleh pesawat C-130B Hercules milik TNI Angkatan Udara (AU) dengan nomor ekor A-1333.

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyambut langsung kedatangan alat kesehatan tersebut di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Ketua Umum Partai Gerindra itu didampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto.

Prabowo mengungkapkan, alat kesehatan yang diboyong dari Negeri Tirai Bambu seberat 12 ton akan segera didistribusikan ke berbagai rumah sakit. Dia memastikan pemerintah akan terus memperbanyak alat kesehatan.

"Hari-hari akan datang akan terus lebih banyak lagi kegiatan seperti ini. Mungkin pesawat yang kami kirim lebih besar. Kami, sangat serius menghadapi ini," kata Prabowo di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (23/3).

Tawaran bantuan kesehatan lainnya dari Tiongkok. Menurutnya, telah disampaikan kepada Menhan Republik Rakyat Tiongkok Wei Fenghe, terkait kebutuhan alat kesehatan Indonesia. Daftar yang dibutuhkan sudah disampaikan.