Anggota Komisi IX DPR: Pemerintah tak serius menekan laju penularan Covid-19

Netty menilai, materi Menkes tidak menggambarkan keseriusan pemerintah untuk menekan laju penularan Covid-19.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin saat memberikan keterangan pers/Foto Setkab.

Penanganan pandemi Covid-19 dan reformasi bidang kesehatan pada 2021 dinilai tidak istimewa. Meskipun, dipimpin Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin.

Penilaian itu dilandasi anggota Komisi IX DPR RI, Netty Prasetiyani, setelah melihat materi paparan presentasi Budi terkait arah kebijakan dan strategi pembangunan kesehatan nasional 2021-2024 dan garis besar porsi anggaran Kemenkes 2021.

"Kalau di sini dikatakan judulnya adalah Reformasi Pembangunan bidang Kesehatan itu enggak nampak, Pak. Jadi, saya melihat bapak sampaikan ini kesannya simplifikasi. Sangat menyederhanakan masalah," kata Netty, dalam raker Komisi IX DPR RI, yang disiarkan secara daring, Senin (1/2).

Netty merasa, road map materi Budi tidak menggambarkan keseriusan pemerintah untuk menekan laju penularan Covid-19. Dia menilai janggal bila membahas anggaran, namun pemerintah tidak menunjukkan keseriusan penanganan pandemi.

"Saya sadar, pemerintah enggak dituntut hasilkan keuntungan. Tetapi, enggak bisa juga seenaknya menggunakan anggaran. Jadi kalau kemudian hanya ditulis mata anggran seperti ini, enggak jelas gimana langkahnya, strateginya, saya kok enggak yakin yang mau direformasi apa," tutur Netty.