Pemerintah harus jelaskan efektivitas vaksin terhadap varian baru Covid-19

Pemerintah juga diminta melakukan pengetatan bagi warga negara Indonesia dan asing yang ingin masuk ke Tanah Air.

Ilustrasi. Pixabay

Anggota Komisi IX DPR RI, Darul Siska meminta, pemerintah menjelaskan secara detail terkait mutasi virus corona B.1.1.7 dan langkah yang harus disikapi oleh masyarakat. Sebab, varian baru Covid-19 asal Inggris itu sudah masuk ke Indonesia.

"Seharusnya, memang temuan tersebut harus pula diikuti dengan penjelasan tentang virus tersebut. Bagaimana harus menyikapinya dan langkah-langkah apa yang harus dilakukan oleh masyarakat. Misalnya, gejala apa yang harus diwaspadai dan harus bersikap bagaimana," ujar Darul, saat dihubungi, Kamis (4/3).

Darul juga merasa, pemerintah perlu menjelaskan efektivitas vaksin terhadap varian Covid-19 asal Inggris itu. Tujuannya, agar tidak menimbulkan keresahan di masyarakat.

"Menjelaskan juga apakah virus baru tersebut bisa diantisipasi dengan vaksin yang ada dan secara medis melokalisir virus tersebut agar tidak menimbulkan ketakutan baru ditengah masyarakat," urai Darul.

Tak hanya itu, politikus Partai Golkar ini juga meminta, pemerintah untuk melakukan pengetatan bagi warga negara Indonesia dan asing yang ingin masuk ke Tanah Air.