Pemerintah jamin tak terjadi penularan corona di luar Secapa AD

Sebanyak 1.262 warga Secapa AD positif Covid-19.

Kompleks Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) di Kota Bandung, Jabar, Juli 2017. Google Maps/Ichsan Pratama

Pemerintah memastikan tidak ada penularan coronavirus baru (Covid-19) di luar Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD), Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar). Pasalnya, penjagaan ketat diterapkan pascasekolah ditetapkan sebagai klaster baru penyebaran SARS-CoV-2.

"Kami memastikan, bahwa tidak akan terjadi penularan keluar kompleks karena kita menjaga dengan ketat agar betul-betul pelaksanaan karantina wilayah bisa dijalankan maksimal," ujar Juru bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta Timur, Kamis (9/7).

Dikatakan Yuri, pemantauan ketat telah dilakukan tiga lembaga. Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar, Dinkes Kota Bandung, dan pihak kesehatan Kodam III/Siliwangi.

Masyarakat di sekitar kompleks Secapa AD pun diminta tenang. Sebab, dia mengklaim, penanganan Covid-19 di klaster tersebut telah ditangani tenaga profesional dan sesuai standar internasional.

"Kita lakukan karantina wilayah dan kita menjamin sepenuhnya, bahwa evaluasi terhadap peserta karantina dijalankan dengan maksimal," ujarnya.