Pemerintah kembali deteksi kasus B117 di Indonesia

Dengan demikian, secara kumulatif ada 6 kasus B117 di Indonesia sejak kali pertama terdeteksi, pekan lalu.

Ilustrasi. Freepik

Pemerintah kembali mendapati empat kasus mutasi baru Covid-19 Inggris atau varian B.1.1.7 di Indonesia. Temuan terbaru ini tersebar di Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

Juru bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi, menyatakan, empat pasien Covid-19 Inggris telah dinyatakan sembuh. Sebelumnya merasakan gejala ringan hingga sedang.

"(Mereka) hanya melakukan isolasi secara terpusat di tempat-tempat isolasi dan memang ada yang dirawat di rumah sakit dengan kondisi ringan sedang, tetapi tidak ada yang cenderung berat, apalagi membutuhkan perawatan," ucap Siti Nadia dalam telekonferensi, Senin (8/3).

Berdasarkan hasil pelacakan (tracing) kasus, hingga kini belum ada keluarga atau kontak erat pasien varian baru tersebut yang dinyatakan positif Covid-19.

Sebelumnya, bertepatan dengan setahun pandemi di Indonesia, Kemenkes mendeteksi 2 kasus Covid-19 Inggris di Indonesia. Kedua terdeteksi terpapar B.1.1.7 ketika pulang ke tanah air, Selasa (2/3) malam.