Pemerintah menetapkan awal puasa pada Senin

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama juga menetapkan awal puasa pada 1 Ramadan 1440 Hijriah/2019 Masehi pada Senin, 6 Mei 2019.

Tim rukyatul hilal mengamati alat rubu ketika melakukan pemantauan posisi hilal di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (5/5)./AntaraFoto

Pemerintah menetapkan awal puasa atau 1 Ramadan 1440 Hijriah jatuh pada Senin, 6 Mei 2019.

Berdasarkan hasil pantauan, terdapat sembilan daerah menyaksikan hilal. Tim rukyat menyampaikan kesaksiannya melihat hilal di bawah sumpah.

"Seluruh peserta sidang isbat bersepakat menyepakati menetapkan 1 Ramadan jatuh pada Senin, 6 Mei 2019," kata Lukman Hakim Saifuddin di kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (5/5).

Kemenag menggunakan dua metode untuk menentukan 1 Ramadan 1440 Hijriah, yakni metode rukyat dan hisab. Awalnya Kemenag melihat dalam dengan metode hisab kemudian dikonfirmasi melalui metode rukyat dari tim pemantau hilal di bawah sumpah.

"Posisi hilal berada pada ketinggian 4-5 derajat. Lalu informasi hitungan hisab dikonfirmasi dengan laporan petugas rukyat yang menyaksikan melihat hilal," kata Lukman.