Pemerintah punya banyak langkah guna mewaspadai gelombang ketiga Covid-19

Langkah yang akan dilakukan telah melalui berbagai pertimbangan sehingga memperhatikan aspek yang cukup menyeluruh.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan saat menyampaikan evaluasi PPKM, Senin (25/10/2021). Tangkapan Layar/YouTube Sekretariat Presiden

Menanggapi peningkatan mobilitas di masyarakat terkait pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pemerintah mengaku, akan melakukan berbagai cara guna mencegah kenaikan kasus dan gelombang selanjutnya.

“Presiden terus mengingatkan, agar semua terus waspada dan berhati-hati akan datangnya gelombang selanjutnya. Hal tersebut berkaitan dengan peningkatan kasus di 105 kota dan kabupaten seluruh Indonesia. Meskipun hal tersebut masih terkontrol dengan sangat baik, tetapi kami melihat ada indikasi naik-turun. Naik-turun itu, tentu perlu diwaspadai. Makanya langkah-langkah yang kita lakukan terkadang dianggap terlalu ketat, tetapi kita enggak punya pilihan,” ujar Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam evaluasi PPKM secara daring, Senin (25/10).

Ia menyebutkan, langkah pengetatan yang akan dilakukan telah melalui berbagai pertimbangan sehingga memperhatikan aspek yang cukup menyeluruh.

“Kita tidak boleh lengah karena kasus yang rendah, karena banyak negara lain terutama di negara di Eropa yang mengalami kenaikan kasus signifikan meskipun vaksinasinya cukup tinggi. Di negara tersebut, relaksasi kegiatan sosial dilakukan dengan cepat dan protokol kesehatan dilupakan,” ucapnya.

Maka dari itu, seluruh masyarakat diharapkan bisa memahami berbagai keputusan dan langkah-langkah yang dibuat pemerintah. Lebih baik jika pemerintah melakukan langkah-langkah yang ketat tetapi longgar agar kenaikan kasus bisa dikendalikan.