Diprediksi 31 Mei, pemerintah pastikan kesiapan hadapi puncak arus mudik

Pemerintah memperkirakan terjadi kenaikan 4,4% jumlah pemudik ketimbang tahun lalu.

Sejumlah kendaraan melintasi ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek, di kawasan Bekasi Timur, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (19/4)./ Antara Foto

Pemerintah memprediksi puncak arus mudik lebaran 2019 terjadi pada Jumat, 31 Mei 2019. Meski diperkirakan mengalami peningkatan, pemerintah menyatakan kesiapan menghadapi momentum tahunan ini.

"Sudah kami antisipasi bahwa puncak arus mudik pada H minus 5 yakni pada 31 Mei hari Jumat sementara puncak arus balik pada 9 Juni pada hari Minggu atau H plus 3 lebaran," kata Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, usai rapat Penyelenggaraan Mudik 2019 di Gedung Bina Graha, Jakarta, Jumat (26/4).

Pemerintah memperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah pemudik sebanyak 4,4% dibanding tahun lalu. Namun demikian, pemerintah menyatakan telah melakukan persiapan dalam berbagai hal untuk mengantisipasi segala kemungkinan.

Dari segi infrastruktur, Moeldoko mengatakan seluruh jalan tol yang telah dibangun di Pulau Jawa akan dioperasikan hingga ke Probolinggo, Jawa Timur.

Guna mengantisipasi kecelakaan lalu lintas, Dinas Perhubungan dan Korlantas Polri akan menyampaikan imbauan melalui spanduk dan penyiaran radio.