Pemerintah putuskan vaksin booster gratis

Vaksinasi booster dimulai Rabu (12/1).

ilustrasi jejeran dosis vaksin Covid-19. Dok Pixabay

Presiden Joko Widodo memutuskan pemberian vaksinasi booster atau dosis ketiga untuk masyarakat Indonesia tanpa dipungut biaya atau gratis. Jokowi memastikan, vaksinasi booster akan dimulai Rabu (12/1).

"Saya telah memutuskan pemberian vaksin ketiga gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia, karena sekali lagi keselamatan rakyat yang utama," ujar Jokowi dalam konferensi pers virtual, Selasa (11/1).

Terkait pelaksanaan vaksinasi booster pada Rabu (12/1), kata dia, pemerintah memberikan prioritas kepada lansia dan kelompok rentan. Dia menganggap, vaksinasi booster merupakan upaya penting meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat, mengingat Covid-19 yang terus bermutasi.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Kusumastuti Lukito menyebut, terdapat lima jenis vaksin Covid-19 yang dapat digunakan untuk vaksin booster dan telah mendapatkan emergency use authorization (EUA). 

Pertama, vaksin CoronaVac produksi Biofarma untuk booster homolog (sama dengan jenis vaksin sebelumnya). Vaksin CoronaVac diberikan sebanyak satu dosis setelah enam bulan vaksinasi dosis lengkap.