Pemerintah salurkan bansos tunai PKH tahap II sebesar Rp6,53 triliun

PKH merupakan bantuan bersyarat bagi keluarga yang memenuhi satu atau lebih komponen.

Warga menunjukkan uang tunai saat penyaluran bansos tunai tahap VIII di Kantor Desa Rangkasbitung Timur, Kabupaten Lebak, Banten, Jumat (13/11/2020). Foto Antara/M. Bagus Khoirunas

Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan bantuan sosial (bansos) tunai Program Keluarga Harapan (PKH) tahap II sebesar Rp6,53 triliun bertepatan dengan dimulainya puasa Ramadan 1442 H. Bansos menyasar 9.074.584 keluarga penerima manfaat (KPM) se-Indonesia.

"Pencairan bantuan ini untuk tahap II kebetulan bulan April, jadi pas bersamaan dengan awal puasa," kata Menteri Sosial, Tri Rismaharini, dalam keterangan tertulis pada Minggu (18/4). 

Dia berharap pencairan bantuan PKH dapat mengurangi beban pengeluaran KPM pada bulan puasa karena kebutuhan rumah tangga umumnya meningkat dibandingkan biasanya. 

"(Pada) bulan puasa pengeluaran akan meningkat untuk memenuhi kebutuhan sahur maupun buka puasa, untuk beli takjil atau beli makanan tambahan lainnya,” ujarnya.

Risma juga berharap pencairan bansos PKH dapat membantu mempercepat pemulihan ekonomi akibat pandemi dengan mendorong peningkatan daya beli dan konsumsi masyarakat.