Pemerintah segera perbaiki rumah warga terdampak gempa Cianjur

Masyarakat yang rumahnya rusak berat akan mendapatkan dana tunggu hunian dari pemerintah selama rumah mereka dibangun ulang.

Sebuah rumah warga roboh akibat gempa bumi yang melanda Kabupaten Cianjur, Jabar, pada Senin (21/11/2022). Twitter/@BNPB_Indonesia

Upaya penanganan bencana pascagempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (Jabar), terus dilakukan berbagai pihak lintas sektor. Salah satunya terkait dengan penanganan kerugian material atau bangunan rumah warga yang mengalami kerusakan.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto, mengatakan, kerusakan yang cukup masif membuat pelaksanaan pengungsian bagi masyarakat terdampak akan berlangsung cukup lama. Kendati demikian, pendataan sudah mulai dilakukan untuk memetakan rumah-rumah yang mengalami rusak ringan, sedang, berat, termasuk yang direlokasi.

"Rumah rusak berat secara paralel dilakukan pendataan supaya segera bisa dibangun. Yang relokasi sudah dapat tanah sekitar dua hektare. Ini pun oleh Kementerian PUPR akan dimatangkan lahannya. Mudah-mudahan dalam minggu depan segera dibangun," kata Suharyanto dalam keterangan pers, Minggu (27/11).

Adapun ketentuan ini akan disampaikan lebih lanjut sambil menunggu informasi dari BMKG terkait potensi gempa susulan. Apabila dipastikan kondisi sudah aman, masyarakat yang rumahnya mengalami kerusakan ringan atau sedang diharapkan dapat berangsur-angsur kembali ke kediaman masing-masing sembari memperbaiki kerusakan.

Sementara itu, bagi warga yang rumahnya mengalami rusak berat, dapat kembali ke rumahnya untuk menyelamatkan harta benda yang tersisa atau membersihkan puing-puing sebelum dibangun ulang.