Pemerintah targetkan kasus harian turun hingga 10.000 per hari pada Agustus

Untuk itu, perlu menurunkan mobilitas masyarakat sampai dengan 50%.

Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika Dedy Permadi saat menyampaikan perkembangan terkini terkait dengan implementasi PPKM darurat, Senin (12/7/2021). Foto Humas KPCPEN

Pembatasan mobilitas masyarakat melalui PPKM darurat diharapkan bisa menekan jumlah kasus penularan harian hingga 10 ribu kasus per hari pada Agustus, dari di atas 30.000-an kasus per hari pada saat ini.

“Perlu ditekankan bahwa pemerintah tetap mempertahankan angka testing dan tracing yang tinggi, yaitu empat kali lipat dibandingkan masa sebelum PPKM darurat. Sehingga yang didapat nanti adalah angka konkret, yaitu kasus harian yang betul-betul menurun, yang mengindikasikan turunnya tingkat penularan,” ujar Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika Dedy Permadi saat menyampaikan perkembangan terkini terkait dengan implementasi PPKM darurat, Senin (12/7).

Untuk mencapai angka 10.000 per hari tersebut, perlu menurunkan mobilitas masyarakat sampai dengan 50%.

“Tidak cukup 30% seperti di awal tahun saat kita menekan lonjakan kasus akibat libur Natal dan tahun baru,” tegas Dedy.

Berdasarkan laporan mobilitas masyarakat yang dilakukan melalui pemantauan satelit dan berbagai sumber lain, menunjukkan rata-rata pergerakan ke kantor menurun pada kisaran 30%. Sedangkan perjalanan dengan menggunakan kendaraan umum turun 40%. Angka penurunan tersebut perlu terus diperbesar.