Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf dinilai hadapi 2 pagebluk

Pagebluk oligarki dinilai menguat di lingkaran pemerintahan.

Foto Ilustrasi/Pixabay.

Direktur Eksekutif PARA Syndicate Ari Nurcahyo menilai pemerintahan Jokowi-Ma’ruf, dalam satu terakhir, menghadapi dua pagebluk atau wabah, yaitu pagebluk Covid-19 dan oligarki yang dinilai menguat di lingkaran pemerintahan saat ini.

"Ada pagebluk oligarki yang menguat di lingkar pemerintahan dan demokrasi kita selama satu tahun terakhir," katanya dalam diskusi daring PARA Syndicate bertema ‘Setahun Jokowi-Ma’ruf: Evaluasi dan Proyeksi Janji di Tengah Pandemi’, Selasa (20/10).

Ari menambahkan, demokrasi di tanah air saat ini sedang mengalami ujian yang cukup berat yang ditandai oleh minimnya komunikasi, terutama terkait UU Cipta Kerja. Sedangkan dari sisi kesehatan, jelas Ari, pagebluk Corona telah menyingkap buruknya kinerja Kementrian Kesehatan.

Sementara peneliti Peneliti Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Aisah Putri Budiarti menyoroti penyederhanaan peraturan melalui Undang-Undang Cipta Kerja yang justru dinilai tidak menyederhanakan peraturan.

"Karena di bawah undang-undang tersebut akan banyak sekali aturan turunan yang menjadi kompleksitas baru” ujar Aisah pada kesempatan yang sama.