Pemkot Solo siapkan 9 sekolah untuk 14 siswa pengidap HIV/AIDS

Belum dipastikan kapan 14 siswa tersebut dapat kembali bersekolah.

Siswa Sekolah Dasar Negeri 8 Meulaboh memakai masker untuk mengantisipasi terserangnnya penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA)./ Antara Foto

Pemerintah Kota Surakarta menyatakan telah ada sembilan sekolah yang siap menerima 14 siswa pengidap HIV/AIDS, yang dikeluarkan dari sekolah asalnya. Kepala Dinas Pendidikan Surakarta Etty Retnowati mengatakan, pihaknya tetap berupaya agar Anak Dengan HIV/Aids (ADHA) tersebut mendapatkan pendidikan layak.

"Untuk sekolahnya mana saja, belum bisa kami sampaikan, yang pasti kami sudah menyediakan sekolah bagi mereka," kata Etty di Solo, Jumat (16/2).

Menurutnya, sekolah yang disiapkan berada tidak jauh dari rumah singgah yang selama ini ditempati ADHA tersebut. Sembilan sekolah tersebut, juga telah menyatakan kesiapannya untuk menampung anak-anak tersebut.

Namun Etty tak dapat memastikan kapan anak-anak tersebut dapat kembali sekolah, setelah ditolak mengikuti kegiatan belajar-mengajar di SDN Purwotomo Surakarta.

"Pada prinsipnya kami tetap mengupayakan anak-anak tersebut mendapatkan pendidikan yang layak di sekolah formal," katanya.