Pemprov DKI kembangkan bangunan sekolah ramah lingkungan

Semangat tersebut diwujudkan melalui peresmian empat Sekolah Net Zero Carbon dan green building sebagai pilot project.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (ketiga kanan), saat meninjau panel surya di atap sekolah net zero carbon dan green building di SDN Ragunan 08, Jakarta Selatan, pada Rabu (28/9/2022). Pemprov DKI Jakarta

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mendukung upaya mewujudkan kegiatan beremisi rendah guna menjaga keberlanjutan Jakarta. Salah satunya dengan penerapan konsep green building dalam pembangunan gedung.

Semangat tersebut diwujudkan melalui peresmian empat sekolah net zero carbon dan green building sebagai pilot project. Keempat sekolah tersebut adalah SD Negeri Duren Sawit 14 Jakarta Timur; SD Negeri Grogol Selatan 09 Jakarta Selatan; SD Negeri Ragunan 08 Pagi, 09 Pagi, dan 11 Petang Jakarta Selatan; dan SMAN 96 Jakarta Barat.

"Hari ini, kita di Jakarta resmi menjadi tempat pertama sekolah negeri yang mengusung konsep green building dan net zero emissions," kata Gubernur Jakarta, Anies Baswedan, saat peresmian di SD Negeri Ragunan 08, Rabu (28/9).

Dalam peresmian tersebut, Anies turut menyerahkan Sertifikat Greenship Net Zero Healthy dari Green Building Council (GBC) Indonesia kepada empat sekolah.

Bangunan berkonsep net zero carbon merupakan bangunan yang hemat energi saat beroperasi. Sebagian besar kebutuhan energinya dipasok dari sumber energi terbarukan sehingga rendah emisi karbon.