Luapan Danau Sentani rendam 25 kampung, Pemprov Papua rencanakan relokasi

Lokasi 25 kampung yang terendam memiliki akses yang terbatas.

Warga menata bantuan ke dalam perahu untuk disalurkan ke tempat pengungsian di sekitar Danau Sentani di Kampung Yamin di Sentani, Jayapura, Papua, Rabu (20/3)./ Antara Foto

Luapan Danau Sentani yang terjadi setelah banjir bandang yang melanda Kabupaten Jayapura, merendam 25 kampung di sekitar danau. Namun warga dipastikan berada dalam kondisi aman.

"Kondisi masyarakat saat ini masih relatif aman dan bantuan sedang diupayakan untuk dibagikan ke masyarakat," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal di Jayapura, Kamis (21/3).

Kampung-kampung yang terendam adalah Doyo lama, Sosiri, Yakonde, Dondai, Kwadeware, Bambrongko, Simporo, Kameyaka, Abar, Atamali, Putali, Sereh, Ifar Besar, Yoboi, Hobong, Yahim, Yobe, Ifale, Nendali, Asei Besar, Ayapo, Puay, Asei Kecil, Nolokla, dan Yokiwa.

Kamal mengatakan, kampung-kampung tersebut memiliki akses terbatas untuk dijangkau. Perahu motor menjadi satu-satunya alat transportasi yang dapat menjangkau kampung-kampung tersebut.

Meski begitu, kata Kamal, Polda Papua siap menyalurkan bantuan ke kampung-kampung tersebut. Pihaknya akan mengerahkan para petugas dari Direktorat Polisi Air (Ditpolair) Polda Papua yang dilengkapi perahu motor.