Pemulangan WNI dari Ukraina tanpa kendala

Para WNI yang tiba di Indonesia menjalankan karantina terlebih dahulu.

Sebanyak 80 WNI dan 3 WNA dari Ukraina telah dievakuasi dan tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pada Kamis (3/3/2022). Dokumentasi Ditjen Imigrasi Kemenkumham

Puluhan warga negara Indonesia (WNI) berhasil melakukan proses imigrasi dan pendataan di Indonesia setelah melakukan evakuasi pascameletusnya perang Rusia-Ukraina. Rombongan evacuee tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (3/3) menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 7730 pada pukul 17.10 WIB. 

Koordinator Humas Direktorat Jenderal Imigrasi, Arya Pradhana Anggakara mengatakan, kedatangan 80 WNI juga telah sesuai dengan protokol kedatangan pelaku perjalanan dari luar negeri yang diatur dalam SE Satgas Penanganan Covid-19 nomor 7 Tahun 2022. 

"Terkait pelaksanaan clearence keimigrasian di Bandara Soekarno-Hatta tidak ada kendala," kata Angga kepada Alinea.id, Jumat (4/3). 

Angga menyampaikan, setibanya para evacuee langsung diarahkan menuju area Holding Bay. Kemudian, kata Arya, mereka diarahkan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kemenkes dan dilanjutkan dengan pemeriksaan keimigrasian di tempat pemeriksaan imigrasi terminal 2 internasional Bandara Soekarno-Hatta. 

"Seluruh proses pemeriksaan keimigrasian oleh petugas imigrasi dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Satgas Penanganan Covid-19," ujar Angga.