Polisi pastikan penangkapan Ketua Khilafatul Muslimin sesuai SOP

Pukul 2 siang ini, Ketua Khilafatul Muslimin tiba di Polda Metro Jaya.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi E. Zulpan.

Polda Metro Jaya menggiring pimpinan Khilafatul Muslimin bernama Abdul Qadir Hasan Baraja ke Jakarta. Hal itu dilakukan pascapenangakapan terhadap Hasan di Bandar Lampung.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan mengatakan, penangkapan terhadap dilakukan pada pukul 06.00 WIB hari ini. Ia pastikan, operasi itu sesuai dengan SOP dan dilakukan secara humanis dengan melibatkan Forkopimda dari Bandar Lampung. 

"Saat ini tim dari Polda Metro Jaya sedang membawa pimpinan tertinggi Khilafatul Muslimin menuju ke Jakarta dan akan kita lakukan pemeriksaan di Polda Metro Jaya. Diperkirakan nanti pukul jam 2 atau jam 3 sore akan tiba di Polda Metro Jaya selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan lanjutan," kata Endra kepada wartawan, Selasa (7/6).

Di sisi lain, Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri, Irjen Dedi Prasetyo menjelaskan, penangkapan Abdul Qadir Hasan Baraja tidak hanya terkait dengan konvoi khilafah yang terjadi di beberapa daerah. Namun, terkait beberapa tindak pidana lainnya yang ditemukan dalam penyidikan jajaran Polda Metro Jaya.

"Bukan (hanya terkait konvoi), terkait pelanggaran Undang-Undag Ormas dan ITE membuat berita hoaks dan kegaduhan di masyarakat," ucap Dedi kepada Alinea.id, Selasa (7/6).