Peneliti BRIN sanjung eks Dirjen Dukcapil Kemendagri: Banyak melakukan inovasi

Zudan Arif Fakrulloh sempat memimpin Ditjen Dukcapil Kemendagri selama 7 tahun 9 bulan.

Peneliti BRIN, Siti Zuhro, menyanjung eks Dirjen Dukcapil Kemendagri yang juga Sekretaris BNPP, Zudan Arif Fakrulloh, sebagai pejabat yang banyak melakukan inovasi. Dokumentasi BNPP

Zudan Arif Fakrulloh resmi menjabat Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Rabu (15/3). Ia dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 37/TPA Tahun 2023.

Sebelumnya, selama 7 tahun 9 bulan, Zudan merupakan Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dukcapil Kemendagri). Menurut peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Siti Zuhro, banyak prestasi yang dicapai Zudan saat menjadi eselon I Kemendagri. 

Baginya, prestasi yang ditorehkan Zudan adalah prestise dan warisan dalam melaksanakan tugasnya. Zudan setidaknya mengoleksi 31 penghargaan level nasional dan 5 tingkat internasional. 

"Sepanjang kariernya di Kemendagri, Zudan banyak melakukan inovasi. Dia juga memberi 'warna' dalam proses legislasi di Indonesia dengan menjadi tim penyusun rancangan undang-undang (RUU)," tutur Wiwieq, sapaan Siti Zuhro.

Wiwieq juga menyebut Zudan banyak mengeluarkan kebijakan dan regulasi yang menjadi solusi atas berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat dalam pelayanan publik bidang administrasi kependudukan. "Dan itu diterapkan dalam bentuk model dan strategi pelayanan digital."