Ikut Reuni 212, Warga: mengenang peristiwa 2 tahun lalu

Tidak ada muatan politis mengikuti aksi Reuni 212.

Massa peserta aksi 212 hendak memadati Lapangan Monas. Ayu Mumpuni/Alinea.id

Menggunakan pakaian serba putih, ribuan massa aksi mulai berdatangan menuju tempat diselenggarakannya aksi Reuni 212 yang berlangsung di lapangan Monas, Jakarta. Para peserta aksi datang dengan menumpang berbagai kendaraan.

Dari pantauan Alinea.id di lokasi, para peserta tampak memenuhi angkutan umum seperti Transjakarta dan KRL. Tak terkecuali juga menumpang kendaraan pribadi baik sepeda motor maupun mobil. Tidak hanya itu, ratusan orang juga memadati ruas jalan-jalan menuju lokasi aksi.

Mereka para peserta aksi dari mulai orang tua, dewasa, hingga anak-anak berjalan beriringan sembari bersolawatan. Dalam perjalanan mereka ke Lapangan Monas, turut dibentangkan bendera Indonesia dan Tauhid. Para peserta aksi juga banyak yang bercampur dengan massa yang berolahraga di area hari bebas kendaraan di sekitar Jalan Sudirman-MH Thamrin.

Salah satu peserta aksi Reuni 212 bernama Hanin, warga Ciputat, Tangerang Selatan, mengaku turut serta dalam kegiatan itu bukan karena alasan politis. Kedatangannya ke Reuni 212 semata hanya ingin mengenang kejadian serupa pada dua tahun silam atau 2016, yang ketika itu bersamaan dengan pesta demokrasi penyelenggaraan Pilkada DKI yang memenangkan Anies Baswedan.

"Saya datang menggunakan motor bersama keluarga karena rumah saya jauh dari stasiun," kata Hanin (27) ketika ditemui di Jakarta pada Minggu, (2/12).