Penjelasan lengkap Syahrul Yasin Limpo soal pengunduran dirinya

Syahrul Yasin Limpo didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar dan Mensesneg Pratikno, menyampaikan keterangannya.

Ilustrasi Syahrul Yasin Limpo./Alinea.id/Oky Diaz.

Syahrul Yasin Limpo telah menyampaikan surat pengunduran dirinya sebagai Menteri Pertanian kepada Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, pada Kamis (5/10). 

Setelahnya, Syahrul Yasin Limpo yang didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar dan Mensesneg Pratikno, menyampaikan keterangannya kepada wartawan. Berikut pernyataan lengkap Syahrul Yasin Limpo kepada wartawan, di luar tanya jawab.

"Saya sore hari ini (kemarin, 5/10) datang meminta waktu ke Bapak Presiden dan diberikan kesempatan melalui Mensesneg Pak Prayitno untuk meyampaikan usul dan surat pengunduran diri saya sebagai menteri.

Alasan mengundurkan diri adalah ada proses hukum yang saya hadapi. Dan saya harus siap menghadapi secara serius. Walaupun saya berharap jangan ada stigma dan presumption of innocence, maksudnya menghakimi saya dulu. Karena tentu biarkanlah proses hukum berlangsung dengan baik dan saya siap menghadapi. 

Saya meniti karir mulai dari lurah dan kemudian camat. Saya 25 tahun menjadi kepala daerah. 10 tahun jad bupati, lima tahun wagub, dan 10 tahun menjadi gubernur. Dan saya baru merasa ada hal seperti ini.