Penjualan tiket Formula E tuai kritik, Jakpro: Pembangunan tepat waktu

Pengerjaan sirkuit dan persiapan penyelenggaraan Formula E di Jakarta diklaim tepat waktu.

Pembangunan sirkuit Formula E (E-Prix) di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Foto tangkapan layar.

Vice Managing Director Formula E, Gunung Kartiko menyebut rencana penjualan tiket Formula E sebelum sirkuit rampung sebagai hal yang wajar. Dia mengklaim pengerjaan sirkuit dan persiapan penyelenggaraan Formula E di Jakarta atau Jakarta E-Prix 2022, berkualitas dan tepat waktu.

Hal ini diungkap Gunung menanggapi kritikan di media sosial terkait penjualan tiket sebelum pengerjaan sirkuit rampung. Kritik keras di antaranya datang dari Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI, Gembong Warsono.

"Dalam bisnis entertainment global, adalah praktik yang wajar menjual tiket sebelum lokasi pasti ditetapkan, namun negara yang dituju sudah ada. Tiket dijual sebelumnya melalu presales dan prebooking oleh penyelenggara pusat," kata Gunung dalam keterangan tertulis, Selasa (15/2).

Menurut Gunung Kartiko, proses pengerjaan sirkuit Formula E dengan spesifikasi teknis standar FIA grade 1 dapat dikerjakan tepat waktu mengingat jalur lintasan yang lebih pendek dibandingkan dengan lintasan Formula 1, maupun Moto GP.

Hal ini, kata dia, sudah diverifikasi denganFormula E Operation (FEO) dan dimonitor perkembangannya setiap hari selama 24 jam melalui control tower dan project management system digital dengan tingkat akurasi monitoring yang tinggi.