Penumpang di Pulo Gebang sudah naik 250%

Jumlah bus yang berangkat dari Terminal Terpadu Pulo Gebang pada H-8 mencapai 248 bus dengan jumlah penumpang 5.193 orang.

Kendaraan pemudik dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah pada H-7 mulai ramai melintas di jalan tol fungsional Pejagan-Pemalang /Antara Foto

Jumlah pemudik yang berangkat dari Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, pada H-8 Lebaran mencapai sekitar 5.000-an penumpang atau melonjak 250% dibanding hari biasa yang tercatat sekitar 2.000-an penumpang per harinya.

Berdasarkan data angkutan Lebaran Dinas Perhubungan Jakarta Timur, jumlah bus yang berangkat dari Terminal Terpadu Pulo Gebang pada H-8 mencapai 248 bus dengan jumlah penumpang 5.193 orang.

"Jumlah penumpang sudah melonjak. Kalau reguler 2.000-an. Beberapa hari lalu 3.000-an, kemarin 5.000. Ini memang grafiknya sudah mulai naik," kata Kepala Satuan Pelaksana Operasional dan Kemitraan Terminal Terpadu Pulo Gebang Noviesa F Pinem saat ditemui Antara, Jumat (8/6).

Puncak arus mudik di Terminal Pulo Gebang sendiri diprediksi terjadi pada H-2 atau H-3 Lebaran. Kendati demikian, jumlah penumpang pada puncak arus mudik diperkirakan tidak sebanyak pada tahun lalu yang tercatat mencapai 13.133 penumpang pada H-3 Lebaran.

Salah satu penyebabnya karena libur Lebaran kali ini lebih panjang dibandingkan tahun lalu. "Karena libur panjang, jadinya terpecah. Cuti bersama kan mulai tanggal 11, jadi Jumat pada minggu ini sudah mulai mudik," ujar Pinem.