Penyelidikan listrik padam mengerucut ke Jakarta dan Pemalang

Mabes Polri akan mengumumkan hasil investigasi yang sudah berlangsung selama sepekan pada Jumat (16/9).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, memberikan keterangan kepada media. Antara Foto

Tim Bareskrim Mabes Polri masih terus mendalami kasus listrik padam atau blackout yang terjadi pada Minggu, 4 Agustus 2019. Setelah sepekan menggelar pemeriksaan di sejumlah pembangkit listrik di sepanjang Jawa Tengah, Banten, Jawa Barat dan Jabodetabek, penyelidikan polisi mengerucut ke dua lokasi, yakni Jakarta dan Pemalang.

“Ada dua titik yang masih perlu didalami, yakni ada di Pemalang dan Jakarta,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, di Jakarta pada Kamis (15/8).

Dedi mengatakan, pihaknya bakal membeberkan hasil investigasi Tim Bareskrim Polri selama sepakan terakhir terkait kasus padamnya listrik. Rencananya, hasil invetigasi disampaikan pada esok atau Jumat (16/8). 

Dedi menuturkan, tim Bareskrim Polri tidak ingin terburu-buru dalam investigasi itu. "Kita tidak boleh terburu-buru karena hasilnya harus komprehensif dan sesuai fakta di lapangan," ucap Dedi.

Masa kerja tim Bareskrim Polri hanya dua pekan. Dugaan awal, blackout terjadi karena ada sebuah pohon yang menyumbat aliran listrik di jaringan Sutet di Ungaran, Semarang, Jawa Tengah.