Ajak perang bersama, pemerintah minta masyarakat lakukan 5 cara lawan corona

"Masyarakat sendirilah yang bisa menghadapi. Kami ini tidak bisa menangani seluruh Indonesia sendirian."

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto (kiri) bersama Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo menyampaikan keterangan pers di Jakarta, Selasa (17/3/2020). Foto Antara/Aditya Pradana Putra

Pemerintah meminta masyarakat terlibat aktif dalam upaya menangani pandemi coronavirus di Indonesia. Masyarakat pun diminta untuk meminimalisasi penularan COVID-19 dengan lima cara yang dapat dilakukan masyarakat dalam kegiatan sehari-hari.

Cara yang dimaksud sebenarnya telah disampaikan berulangkali sebagai upaya pencegahan penularan virus corona tipe dua ini. Cara pertama adalah dengan menjaga jarak dengan orang lain. Hal ini pun telah disampaikan oleh Pemprov DKI Jakarta dengan kebijakan social distancing saat berada di transportasi massal.

Kemudian, larangan berjabat tangan, meningkatkan intensitas mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan memakai masker terutama di tempat ramai.

"Dengan melakukan hal seperti ini, maka kita sudah memperlakukan musuh kita dengan baik," kata Tim Pakar Gugus Penanganan Covid Memahami Risiko Corona Prof Wiku Adisasmito saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta Timur, Rabu (18/3).

Dia menerangkan, pihaknya akan terus mengingatkan dan edukasi kepada masyarakat ihwal lima cara pencegahan COVID-19 tersebut. Masyarakat perlu memahami cara tersebut, lantaran perlawanan terhadap coronavirus hanya dapat dilakukan oleh masyarakat.