Bantuan perbaikan rumah warga terdampak gempa Cianjur mulai disalurkan pekan ini

Presiden Jokowi memastikan penyaluran bantuan Rp50 juta, Rp25 juta, dan Rp10 juta (untuk rumah) yang sudah terverifikasi.

Bupati Cianjur Herman Suherman mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau progres pembangunan rumah tahan gempa di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku. Foto Sekretariat Presiden

Upaya penanganan bencana pascagempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat memasuki tahap pemulihan hunian warga terdampak. Hari ini (5/12) Bupati Cianjur Herman Suherman mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau progres pembangunan rumah tahan gempa di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku.

Asisten Daerah Kabupaten Cianjur, Budhi Rahayu Toyib melaporkan, dalam rangka pemulihan hunian warga terdampak, bantuan dana akan disalurkan secara bertahap mulai pekan ini.

"Presiden Jokowi memastikan penyaluran bantuan Rp50 juta, Rp25 juta, dan Rp10 juta (untuk rumah) yang sudah terverifikasi akan mulai diberikan pada Kamis, 8 Desember 2022, secara bertahap," kata Budhi dalam keterangan pers, Senin (5/12).

Selain bantuan pembangunan rumah warga dari pemerintah pusat, pemerintah kabupaten (Pemkab) Cianjur juga terus menyalurkan logistik bantuan kepada masyarakat di posko-posko pengungsian.

Puluhan ribu logistik kebutuhab masyarakat telah terdata berdasarkan rekap logistik masuk sejak 21 November hingga 5 Desember 2022. Di antaranya terdiri dari 68.205 kg beras, 1.082 dus minyak, 220 kg gula, 4.192 dus air mineral, dan 2.026 dus mie instan.