Percepat PEN, Kementan dorong agroeduwisata

Ditjen Hortikultura turut mendorong dan mengawal tumbuhnya agroeduwisata.

Agrowisata Situ Bolang di Desa Jatisura, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu, Jabar, Sabtu (10/10). Foro dokumentasi Kementan.

Kementerian Pertanian (Kementan) akan terus mendorong pengembangan agroeduwisata di tanah air. Langkah ini dilakukan untuk percepatan pemulihan ekonomi nasional (PEN) di tengah pandemi Covid-19, melalui usaha tani yang dielaborasi dengan sektor pariwisata.

Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Hortikultura Kementan, Retno Sri Hartati Mulyandari menyatakan, kebijakan tersebut sesuai arahan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, agar kontribusi sektor pertanian terhadap pertumbuhan ekonomi terus digenjot. 

Dengan demikian, dampak buruk resesi imbas pandemi dapat diminimalisasi. "Salah satu agroeduwisata yang akan kami perkuat adalah Agrowisata Situ Bolang di Indramayu, Jawa Barat (Jabar), yang diinisiasi Kelompok Tani (Poktan) Agrimania, karena di sana terbukti mampu menghidupkan perekonomian masyarakat sekitar, khususnya UMKM, selain usaha tani," katanya saat melakukan kunjungan kerja ke lokasi Agrowisata Situ Bolang di Desa Jatisura, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu, Jabar, Sabtu (10/10).

Dia menjelaskan, sesuai arahan Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto, bahwa mulai 2020 Ditjen Hortikultura segera turut mendorong dan mengawal tumbuhnya agroeduwisata.  

Agrowisata Situ Bolang baru diresmikan setahun lalu, Oktober 2019, di atas lahan seluas 15 hektare (ha). Sebagai destinasi wisata anyar, pengelola semakin giat membudidayakan sekaligus menjadikan usaha perbenihan buah-buahan.