Menkominfo: Percepatan transformasi digital kunci pemulihan pascapandemi

Infrastruktur digital kuat dan merata adalah prasyarat agar transformasi dapat menjangkau serta dirasakan oleh setiap orang.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate (kiri), mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (5/2/2020). Foto Antara/Galih Pradipta

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate, menyatakan, transformasi digital menjadi salah satu elemen kunci dalam mempercepat pemulihan pascapandemi Covid-19. 

"Percepatan transformasi digital yang berkelanjutan adalah elemen kunci dalam upaya pemulihan pascapandemi Covid-19, sekaligus menjadi komponen pendorong dalam membangun bangsa yang lebih tangguh dan berdaya," kata Johnny dalam keterangannya, Jumat (6/8)

Johnny mengikuti Pertemuan Tingkat Menteri G20 Bidang Digital dari Jakarta secara virtual, Kamis (5/8). Dalam sesi yang membahas "Transformasi Digital untuk Pemulihan Ekonomi", dia juga memaparkan Peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024 yang disusun sebagai pedoman transformasi digital Indonesia, yang dilaksanakan melalui empat pilar. 

Yaitu, infrastruktur digital, pemerintahan digital, masyarakat digital, dan ekonomi digital. Menurutnya, keberadaan infrastruktur digital yang kuat dan merata adalah prasyarat agar transformasi digital dapat menjangkau serta dirasakan oleh setiap orang.  

Upaya pemerataan pembangunan infrastruktur digital yang dilakukan pemerintah juga turut dipaparkan, seperti penggelaran jaringan serat optik backbone, pengembangan jaringan fiber-link, dan microwave-link, peluncuran 9 satelit telekomunikasi, dan pembangunan 559.000 stasiun pemancar sinyal (base-transceiver stations/BTS).