Peringatan ancaman terorisme dari Jepang, BIN: itu hal yang wajar

Pemerintah Jepang memang mengeluarkan peringatan kepada warga negaranya yang sedang berada di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Tangkapan layar Deputi VII BIN Wawan Hari Purwanto dalam Webinar PA GMNI bertema "Pertahanan Negara dan Keamanan Nasional: Strategi, Kebijakan dan Pembangunan yang sesuai dengan Karakter bangsa", di Jakarta, Selasa (15/6/2021). Foto Antara/Syaiful Hakim

Menanggapi peringatan ancaman terorisme di Indonesia oleh Pemerintah Jepang, pihak Badan Intelijen Negara (BIN) mengatakan jika itu merupakan hal yang wajar.

"Adanya peringatan dari Pemerintah Jepang terkait potensi ancaman teror di Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara merupakan hal yang wajar dilakukan oleh negara lain sebagai upaya untuk melindungi warga negaranya," kata Deputi VII BIN, Wawan Hari Purwanto dalam keterangan tertulis (17/9).

Beberapa hari lalu, Pemerintah Jepang memang mengeluarkan peringatan kepada warga negaranya yang sedang berada di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia, untuk berhati-hati karena terdapat kemungkinan aksi bom bunuh diri.

Pemerintah Jepang mengimbau warga negaranya yang sedang berada di wilayah tersebut agar menghindari pusat keramaian dan pusat agama. Selain itu, Pemerintah Jepang juga mengingatkan agar warga negaranya senantiasa memperhatikan informasi lokal.

Wawan mengatakan jika informasi tersebut harus ditanggapi dengan bijak. Pihak BIN ini, menghimbau agar masyarakat tidak perlu khawatir, tapi tetap juga harus membangun kewaspadaan.