Jokowi: Peringatan Hari Lahir Pancasila di tengah pandemi menguji daya juang

Peringatan Hari Lahir Pancasila dilakukan secara virtual.

Presiden Joko Widodo. Foto Antara/Muchlis Jr - Sekretariat Presiden.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Presiden Joko Widodo memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual melalui video conference, dari Ruang Garuda, Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (1/6).

Dalam amanatnya di acara peringatan Hari Lahir Pancasila tersebut, Jokowi menyampaikan peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini menguji daya juang sebagai bangsa, pengorbanan, kedisiplinan, kepatuhan, dan ketenangan dalam mengambil langkah kebijakan cepat dan tepat. Meskipun demikian, kata Jokowi, Pancasila masih menjadi bintang penjuru untuk menggerakkan persatuan dalam mengatasi semua tantangan.

Jokowi mengajak seluruh elemen bangsa untuk terus memperkokoh tali persatuan dan persaudaraan, saling menolong, dan bergotong-royong. Semua pihak juga diminta meyakini bangsa Indonesia merupakan bangsa pemenang dan seluruh kekurangan serta kelemahan harus sama-sama diperbaiki.

Menurut Jokowi, tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia tidak mudah. Oleh karenanya dibutuhkan kerja keras agar mampu mengadapi masa sulit pandemi.

"Selamat Hari Lahir Pancasila, mari kita selalu bersatu saling peduli dan saling berbagi untuk kemajuan negeri tercinta," ujar Jokowi dalam amanatnya yang disampaikan dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.