Pernyataan SYL soal perjuangan di sektor pertanian

Mentan kerap mengeluarkan pernyataan yang penuh tekad dan optimisme.

Mentan, Syahrul Yasin Limpo. Dokumentasi Kementan

Menteri Pertanian, SyahruI Yasin Limpo, kerap mengeluarkan pernyataan penuh tekad dan optimisme. Pun selalu meyakinkan semua orang, bahwa pertanian adalah sektor penting, terutama dalam menopang kemajuan ekonomi nasional.

Lebih dari itu, SYL, sapaannya, seringkali membuat orang semakin cinta dan bangga terhadap pertanian Indonesia. Berikut rangkuman tujuh pernyataannya untuk memahami nilai perjuangannya dalam membangun pertanian maju, mandiri, dan modern

1. Makan tak bisa menunggu hari
"Pandemi ini adalah turbulensi global yang paling dahsyat karena regional dalam kawasan global banyak yang kolaps. Semua terlanda, semua tak bisa melakukan apa-apa selain melakukan bertahan agar tidak tumbang dalam sebuah negara. Tetapi sektor pertanian merupakan sektor yang eksis pada krisis apa pun. Itu tandanya pertanian menjadi kekuatan negara. Kenapa? Karena makan tak bisa ditunda, makan tak bisa menunggu hari. Kalau begitu, ini menjadi pekerjaan yang tidak pernah putus."

2.Tidak boleh kalah dengan negara lain
"Modal dasar untuk sebuah negara hebat adalah rakyat dan alam yang luar biasa. Dan itu ada di Indonesia. Artinya apa? Indonesia tidak boleh kalah dengan negara lain. Negara ini negara besar bukan rakyat kecil. Kalau begitu, pertanian menjadi sangat penting karena berkaitan dengan hajat orang banyak."

3. Hindari korupsi
"Membangun kesadaran budaya antikorupsi harus dimulai dari diri sendiri. Jagalah harga diri sehingga mencegah dari tindakan korupsi. Intinya, momentum ini harus menjadi bagian dari mengondisikan diri kita dan pejabat publik agar betul-betul standar operasional dan prosedur dari semua kerja yang ada dan adanya tekad bersama untuk menghindarkan diri dari perbuatan-perbuatan tercela."