Pesan Gubernur Anies saat Lebaran Betawi di Monas

Anies mengatakan Lebaran Betawi akan menjadi tradisi yang terus dikembangkan untuk menjaga persatuan dan kerukunan.

Gubernur DKI Jakarta dalam acara Lebaran Betawi di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (21/7). Alinea.id/Soraya Novika

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar puncak perayaan Lebaran Betawi untuk pertama kalinya di Lapangan Monas, Gambir, Jakarta Pusat.

Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pemilihan tempat perayaan hari jadi adat itu, diambil sebagai upaya mempererat persatuan warga Ibu Kota.

"Alhamdulillah hari ini kita bersama-sama merayakan Lebaran Betawi bertempat di Monas, sebagai sebuah tradisi baru yang kita akan terus kembangkan untuk menjaga persatuan, kerukunan, keguyuban dari masyarakat Betawi dan Jakarta semakin erat lagi," ujar Anies di Silang Monas, Jakarta Pusat, Minggu (21/7).

Perayaan Lebaran Betawi ke-12 kali ini, dilaksanakan sejak 19 Juli di lokasi yang sama. Sejak diselenggarakan, berbagai kegiatan dengan unsur kesenian Betawi digelar, mulai dari sohibul hikayat, tanjidor, gambus, marawis, palang pintu, tarian Betawi, atraksi silat Betawi, gambang kromong, hingga lenong.

Pada puncak perayaan, pertunjukan seni tersebut ditampilkan oleh perwakilan masing-masing pemerintah kota administrasi Jakarta Pusat, hingga Kepulauan Seribu, di hadapan Pemprov DKI Jakarta.