Pihak Brigadir J berharap Ferdy Sambo dituntut penjara seumur hidup

Ferdy Sambo dianggap telah memenuhi semua unsur pembunuhan berencana.

Terdakwa pembunuhan berencana terhadap Brigadir Yosua atau Brigadir J dan perintangan penyidikannya, Ferdy Sambo hendak mengikuti persidangan dengan agenda putusan sela, Rabu (26/10/2022). Dok: Alinea.id/Immanuel Christian

Pihak Brigadir Yosua (Brigadir J) berharap terdakwa pembunuhan berencana, Ferdy Sambo, dituntut pidana penjara seumur hidup. Hal ini disampaikan seiring bergulirnya agenda pembacaan tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan hari ini.

Penasihat hukum keluarga Brigadir J, Martin Lukas Simanjuntak mengatakan, tuntutannya itu mencerminkan rasa keadilan bagi korban, keluarga, dan masyarakat Indonesia. Apalagi Ferdy Sambo diyakini adalah dalang dalam kasus ini.

"Kami berharap jaksa penuntut umum tidak ragu-ragu untuk menuntut Terdakwa Ferdy Sambo dengan tuntutan minimal seumur hidup," katanya, saat dikonfirmasi, Selasa (17/1).

Menurutnya, Ferdy Sambo sendiri telah memenuhi segala unsur yang pantas untuk pidana seumur hidup. Maka dari itu, harapan dia dan keluarga korban, bukan permintaan yang berlebihan.

"Mengingat Terdakwa Ferdy Sambo sudah memenuhi seluruh unsur dalam dakwaan primair jaksa penuntut yaitu pembunuhan berencana sesuai Pasal 340 KUHP," ujarnya.