PKS sebut komcad bukan untuk petantang-petenteng

Menjadi komcad haruslah didasarkan kepada panggilan jiwa yang dilandasi cinta kepada tanah air dan bangsa.

Upacara Penetapan Komcad 2021 di Pusdiklatpassus, Kabupaten Bandung Barat, Jabar, pada Kamis (7/10/2021). Tangkapan layar kanal YouTube Sekretariat Presiden

Anggota Komisi I DPR, Sukamta, mengapresiasi dan mengucapkan selamat atas ditetapkannya 3.103 personil komponen cadangan (komcad) angkatan pertama oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Menurutnya, kebutuhan adanya komcad menjadi penting untuk mendukung komponen utama dalam upaya mempertahankan negara, seiring dengan spektrum ancaman yang terus berkembang serta lingkungan strategis kawasan yang semakin dinamis.

"Saya ucapkan selamat kepada komcad angkatan pertama yang sudah terbentuk. Selamat bertugas!," kata Sukamta kepada Alinea.id, Jumat (8/10).

Sukamta menyatakan, memang komcad merupakan sumber daya manusia (SDM) yang bersifat sukarela, namun sudah lolos seleksi wajib ikut latihan dasar kemiliteran (latsarmil) selama tiga bulan. Setelah ditetapkan sebagai komcad, kata dia, punya kewajiban-kewajiban yang harus dipenuhi.

Dia menjelaskan, menjadi komcad haruslah didasarkan kepada panggilan jiwa yang dilandasi cinta kepada tanah air dan bangsa.