PNM dan Baznas donasi fasilitas air bersih untuk warga Garut

Manfaat pembangunan sumur bor untuk mengatasi krisis air bersih di Garut dari optimalisasi dana zakat ini sangat banyak.

Kelompok kerja (Pokja) Salarea yang merupakan para alumni SMA 3 Garut dan sebagian besar warga Cibatu merasa terpanggil memberikan kepedulian terhadap keluhan warga di wilayahnya.Istimewa

Krisis air bersih yang selalu dikeluhkan warga masyarakat wilayah Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut kerapkali melanda setiap kemarau panjang setiap tahunnya. Menyikapi hal itu, Kelompok kerja (Pokja) Salarea yang merupakan para alumni SMA 3 Garut dan sebagian besar warga Cibatu merasa terpanggil memberikan kepedulian terhadap keluhan warga di wilayahnya.

Salah satunya, Pokja Salarea bersama Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dengan menggandeng PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM membangun fasilitas sanitasi air bersih sumur bor di beberapa titik. Dua titik fasilitas air bersih telah selesai dibangun, dan diresmikan yakni di Kampung Kebon Tengah-Cileles, Desa Cibunar, dan satu lagi di Kampung Sindang Rasa, Desa Kertajaya, Kecamatan Cibatu,  Sabtu (5/10) lalu.

Hadir dalam peresmian ini Asisten Daerah (Asda) I Nurdin Yana, Komandan Kodim 0611/Garut Letkol Inf Erwin Agung, Kasdim 0611/Garut Mayor Inf Hamzah Budi Susanto, Ketua Baznas Garut Rd H Aas Kosasih, Asto Duriad, perwakilan dari Baznas Pusat, Gema Arief Pramuji, Pemimpin Cabang PNM Garut, Direktur PDAM Garut Aja Rowikarim, Camat Cibatu Sardiman Tanjung beserta Forkopim Kecamatan Cibatu, tokoh Ulama, tokoh masyarakat, Pendiri Pokja Salarea Dadan M Ramdan, serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Aas Kosasih cukup panjang lebar menjelaskan soal kelembagan Baznas berserta unit-unitnya dalam menjalankan tugas dengan mengumpulkan, mengelola dan memanfaatkan dana umat ini untuk kebaikan bersama. Nah, salah satunya adalah optimalisasi zakat untuk kepentingan sosial seperti pembangunan fasilitas air bersih sebagai solusi krisis air di Kecamatan Cibatu.

Aas Kosasih menilai, air bersih adalah kebutuhan vital. Oleh sebab itu, manfaat pembangunan sumur bor untuk mengatasi krisis air bersih di Garut dari optimalisasi dana zakat ini sangat banyak. "Dalam suatu hadits dinyatakan sedekah air menjadi salah satu jalan menuju surga dan pahalanya terus mengalir," terang dia.