Sebelum mudik, polisi fokus pengamanan beberapa kegiatan saat Ramadan

SOTR, tawuran, dan balap liar jadi gangguan kamtibmas yang diwaspadai saat Ramadan.

Polisi merazia geng motor saat gelaran sahur on the road (SOTR). / Antara Foto

Polda Metro Jaya menunggu instruksi dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) terkait mekanisme pengamanan mudik. Pihak Polda Metro Jaya saat ini masih fokus pada pengamanan Ramadan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan mengatakan, pengamanan Ramadan, seperti meniadakan kegiatan sahur on the road (SOTR) dan juga balap liar di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Sehingga, gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) selama bulan Ramadhan 1443 hijriah dapat dihindari.

"Kalau terkait mudik, ini kita masih menunggu kebijakan dari Korlantas, mudik kan belum,” kata Zulpan, di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (31/3).

Menurut Zulpan, kegiatan seperti itu dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti tawuran. Terlebih, dengan situasi pandemi, masih tidak pantas untuk berkerumun.

"Karena ini berpotensi menciptakan tawuran, juga balap liar. Di samping itu juga kan situasi pandemi tidak eloklah kegiatan seperti itu mengumpulkan banyak orang dan melakukan kegiatan-kegiatan sahur on the road," ujar Zulpan.