Polisi kejar penyebar hoaks bobolnya server Polri

Polri pastikan tidak ada pembobolan data Sistem Informasi Personel Polri.

Foto ilutrasi Hacker/Pixabay.

Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim tengah melakukan pengejaran terhadap pelaku penyebaran berita bohong atau hoaks pembobolan server Polri.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Brigjen Awi Setiyono menegaskan, tangkapan layar yang menyebut terjadi pembobolan Sistem Informasi Personel Polri (SIPP) di media sosial adalah sebuah hoaks. 

Saat ini, jelas dia, SIPP tidak seperti pada tangkapan layar itu. "Polri sudah memastikan tidak ada pembobolan data SIPP karena variabel tangkapan layar yang beredar tidak sama dengan SIPP yang digunakan SSDM Polri saat ini," kata Awi dalam konferensi pers secara daring, Selasa (16/6).

Awi menuturkan, penyidik masih melakukan penyelidikan dan akan membongkar motif pelaku. Ia memastikan pelaku akan diproses untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Sampai dengan saat ini Dittipidsiber Bareskrim Polri masih melakukan pendalaman dan penyelidikan terhadap pelaku serta motif dari penyebar hoax database SIPP anggota Polri tersebut," tuturnya.