Polisi temukan belasan proyektil tentara Papua Nugini

Dalam olah TKP ditemukan 11 proyektil dan 25 lubang pada kapal.

Ilustrasi Pixabay.

Polisi menemukan belasan proyektil dan puluhan lubang dalam kapal nelayan Calvin 02, selepas dihujani peluru oleh tentara Papua Nugini (PNGDF). Insiden itu menewaskan nahkoda kapal bernama Sugeng pada Senin (22/8).

Kapolres Merauke, AKBP Sandi Sultan mengatakan, ada 11 proyektil dan 25 lubang pada kapal tersebut berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP). Ada delapan anak buah kapal (ABK) yang selamat dan dilarikan untuk menerima penanganan medis.

“Berdasarkan olah TKP ditemukan 11 proyektil di dalam kapal, kemudian ada 25 lubang yang terlihat berada di kapal merupakan dari tembakan amunisi, di sayap kiri, sayap kanan dan sayap depan,” kata Sandi kepada Alinea.id, Kamis (25/8).

Sandi membenarkan lokasi kapal tersebut berada dalam teritori Papua Nugini. Hal itu diketahui berdasarkan titik koordinat dari kapal tersebut yang berada pada jarak 50 mile di zona perairan negara melanesia itu.

“Nelayan kan tidak dilengkapi GPS juga, apalagi angin perbatasan ini kencang bisa saja dia masuk, dia tidak tahu,” ujar Sandi.