Polisi-TNI ditembak KKB saat evakuasi korban penembakan

Kejadian berlangsung di kawasan permukiman masyarakat di Distrik Omukia dan Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, pada Minggu (20/2).

Personel kepolisian dan TNI bersiaga saat terjadi kontak senjata dengan KKB di Kabupaten Puncak, Papua, pada Minggu (20/2/2022). Dokumentasi Satgas Cartenz

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) disebut kembali melancarkan teroris dengan melakukan penembakan dan pembakaran di kawasan permukiman masyarakat di Distrik Omukia dan Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, pada Minggu (20/2).

Kasatgas Humas Satgas Cartenz 2022, Kombes Musthopa Kamal, menjelaskan, penembakan dan pembakaran berlangsung saat personel gabungan dari TNI-Polri mengevakuasi korban penembakan, sekitar pukul 07.00 WIT. Kala itu, petugas dalam perjalanan dari puskesmas menuju Bandara Aminggura menggunakan kendaraan roda empat.

"Setibanya di bandara, personel gabungan TNI-Polri ditembaki oleh KKB dari atas bukit dan personel langsung membalas tembakan," ujarnya dalam keterangan tertulis, baru-baru ini.

Sekitar pukul 09.20 WIT, sambung Musthopa, KKB gabungan, yang merupakan kelompok NT, KM, LW, TK, dan TT, kembali membakar dua rumah adat (honai) milik masyarakat di kampung Nipuraleme, Distrik Ilaga.

Personel gabungan lantas mendekati lokasi. Setibanya di tempat kejadian perkara (TKP), aparat ditembak sehingga terjadi kontak senjata dengan KKB. Insiden berlangsung hingga pukul 12,20 WIT.